Assalamu’alaikum
warahmatullahi wabarakatuh
Teriring salam dan do’a semoga kami jumpai Bapak/Ibu dalam keadaan
sehat wal’afiat sehingga dapat melakukan aktifitas sehari-hari sebagaimana
mestinya.
Sehubungan dengan telah dilakukannya pembenahan system pengelolaan
pondok dan asrama santri Pondok Psantren Jabal Hikmah dengan memadukan beberapa
metode-metode yang diterapkan oleh beberapa Pondok Pesantren Maju yang ada. Pimpinan
pondok merasa pentingnya memiliki sumber pembiayaan yang jelas.
Bersama ini kami mengharapkan keterlibatan berbagai pihak untuk
menjadi donator tetap Pondok.
Demikian hal ini dibuat, atas perhatian dan kerjasama yang baik,
kami haturkan terimakasih
Wallahulmuwaffiku
walhadi Ila sabilirrasyad
Wassalamu’alaikum warahmatullahi wabarakatuh
Mekarsari,
07 Oktober 2013
Pimpinan
Pondok
Pesantren Jabal Hikmah Mekarsari,
Ust. MASHAR, S. Pd.
|
Ust. M. ASGAR EFENDI,QH., S. Pd.I.
|
Ust. IMAM SYAHPUTRA Y.
|
A.
Dasar Pemikiran
Pondok Pesantren Jabal Hikmah Mekarsari merupakan sebuah lembaga
pendidikan islam, pengkajian ilmu agama dan teknologi yang berkembang, serta
pengkajian tentang ilmu sosial atau kemasyarakatan. Sehingga pengembagan mental
dan karakte anak-anak dapat terbentuk secara total, dengan semboyan Pondok
Pesantren “Membentuk Pendidikan yang Totalitas”. Selama enam
tahun berdiri, pondok ini telah banyak memberikan kontribusi terhadap
pendidikan anak bangsa yang memiliki perekonomian menengah kebawah. Sebagaimana
nama dari pondok ini “Jabal” sebagai
nama yang menggambarkan bahwa Pondok Pesantren ini memang berada di pegunungan
dan dihajatkan untuk santri/I yang Ikhlas belajar karena Allah, rela untuk
hidup sederhana, berdikari, selalu menjalin ukhuwwah Islayyah dan memiliki jiwa
yang istikomah. (Panca Jiwa Pondok)
Mewujudkan kehidupan yang madani dan berkarakter merupakan cita-cita
nyata untuk membantu masyarakat sekitar untuk menyadari pentingnya pendidikan yang
bertumpu pada prinsip-prinsip agama dan pilar-pilar kehidupan dalam berbagai
aspek kehidupan dan bermasyarakat, terutama aspek agama yang akan menjadi modal
utama dalam mengarungi hidup ini.
Peran central yang dimiliki oleh Pondok Pesantren ini telah menjadi
bagian dari kehidupan bermasyarakat di Desa Suangi dan sekitarnya. Seiring
dengan perkembangan zaman, serta merefleksi dari sejarah berdirinya
pondok ini, yang mana Pondok Pesantren Jabal Hikmah Mekarsari merupakan
karya Mujahid-mujahid Muda yang cinta pada agama dan masyarakat, hal
tersebut sebagaimana apa yang telah disampaikan oleh seorang Mujahid Muda yang
terlibat secara lansung dalam merintis Pondok psantren ini. Kedua pelopor
tersebut memang bukanlah seorang kiyai, namun mereka memiliki spiritual dan
motivasi terhadap kemajuan agam dan masyarkat. Hanya bermodalkan dengan
keikhlasan yang tinggi untuk membawa kehidupan bermasyarakat yang agamis dan
berkarakter. Sehingga saat ini, Pondok Pesantren Jabal Hikmah Mekarsari telah
menjadi cermin bermasyarakat di sekitar pondok terutama santri yang menuntut
ilmu di Pondok Pesantren ini.
Tujuan pendidikan Pondok Pesantren Jabal Hikmah
adalah membentuk pribadi beriman, bertakwa, berakhlaq karimah dan professional
dalam bidangnya sehingga dapat mengabdi pada umat dengan penuh keikhlasan dan
berperan aktif dalam memberdayakan masyarakat. Untuk itu, sejak awal mula
berdirinya, Pondok Pesantren Jabal Hikmah telah mencanangkan bahwa “pendidikan
lebih penting daripada pengajaran”. Secara garis besar, arah dan tujuan
pendidikan dan pengajaran di Pondok Pesantren Jabal Hikmah adalah :
1.
Pendidikan Kemasyarakatan
2.
Kesederhanaan
3.
Tidak Berpartai
4.
Menuntut ilmu karena Allah.
Mengingat adanya perpaduan
kurikulum pondok dengan kurikulum sekolah yang dikeluarkan oleh pemerintah,
maka diperlukan adanya aktifitas yang
lebih mengarah kepada aktualisasi kurikulum pondok, sehingga dibutuhkan suatu
wadah yang akan mengakomodir semua aktifitas kepondokan berupa pembinaan secara
penuh kepada santri.
Langkah yang kemudian diambil oleh pihak pondok dalam membina santri
untuk tercapainya kurikulum kepondokan yakni dengan menyediakan asrama. Hal ini
telah dilakukan oleh pihak pondok sejak bulan Februari tahun 2013 yang lalu,
dengan beberapa evaluasi yang sudah dilakukan oleh baik pihak pondok, pengasuh
bahkan sampai ke wali santri, sehingga ditemukan beberapa kekurangan system pengelolaan
yang kemudian butuh suatu rekonstruksi sistem kepondokan. Beberapa solusi
statis telah diupayakan oleh pondok dan pengurus asrama terutama dalam
memperbaharui kembali kepengurusan pondok sampai kepada rekonstruksi sistem
yang ada sebagaimana yang telah dilakukan dalam waktu dekat yang lalu. Ini
merupakan ikhtiar bersama yang dilakukan oleh pihak pondok dalam mencapai
harapan yang menjadi cita-cita bersama dalam menghasilkan generasi yang Madani,
Kreatif dan tangguh.
B.
Visi, Misi dan Tujuan Pondok
Pesantren
1.
Visi
Menjadi Pondok Rakyat yang
bermutu Tinggi dan bermakna bagi Agama, Masyarakat, Nusa dan Bangsa dengan
tetap “Berjiwa Pondok dan Bermotto Pondok” untuk mewujudkan
Santri/santriwati yang Intelek dan Professional di bidangnya.
2.
Misi
a.
Mengembangkan serta memperdalam ilmu keagamaan,
kemasyarakatan, dan kemanusiaan yang dijiwai oleh nilai-nilai keislaman.
b.
Mendidik dan mengembangkan kader ummah yang intelek untuk
mewujudkan masyarakat islami.
c.
Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran berdasarkan islam
dan membentuk karakter umat menuju kesejahteraan lahir batin dunia akhirat.
d.
Mengembangkan pengkajian dan penelitian terhadap seni, ilmu
dan teknologi.
e.
Membangun iklim dan suasana akademik yang demokratis-agamis,
berdasarkan nilai/Jiwa dan Motto pondok pesantren.
3.
Tujuan Pondok Pesantren
a.
Tujuan Umum
Membentuk Santri
santriwati yang Berbudi Tinggi, Berbadan Sehat, Berpengetahuan Luas, Berfikiran
Cerdas (Motto Pondok) serta taat
menjalankan syari’at Islam, berkhidmat kepada bangsa dan Negara, demi
perkembangan agama Islam dan pembangunan bangsa Indonesia.
b.
Tujuan Khusus
1.
Menghasilkan santri/santriwati yang memiliki wawasan
pemikiran Islam yang kritis, analitis dan terbuka untuk pembaharuan keilmuan Islam.
2.
Menghasilkan santri/santriwati yang mampu melakukan pemecahan
masalah secara ilmiah serta tanggap terhadap perubahan dan kemajuan zaman.
3.
Menghasilkan santri/santriwati yang mengembangkan keilmuan
dalam tradisi kajian Islam dan persoalan sosial kemanusiaan.
4.
Menghasilkan santri/santriwati yang mampu melakukan
tugas-tugas kependidikan dan kepengajaran.
5.
Menghasilkan santri/santriwati yang menguasai wawasan
keilmuan di bidang agama-agama dan menegakkan kerukunan antar umat beragama.
6.
Menghasilkan santri/santriwati yang menguasai wawasan
keilmuan dan seni Islam serta menerapkannya dalam kehidupan bermasyarakat
sebagai wujud partisipasi meningkatkan sumber daya manusia muslim Indonesia.
C.
Susunan Kepengurusan Pondok
Pesantren Jabal Hikmah Mekarsari
(Terlampir 1.)
D.
Susunan Kepegurusan Asrama
Pondok Pesantren Jabal Hikmah Mekarsari
(Terlampir 2.)
E.
Jenis Kegiatan dan Penjadwalan
Asrama
Demi terarahnya integritas program kepondokan, maka kegiatan
tersebut dibagi dalam kelompok kegiatan harian dan kelompok kegiatan mingguan,
sebagaimana berikut :
1.
JADWAL HARIAN
NO
|
Waktu
|
Kegiatan
|
1
|
04.00-05.00
|
Bangun Pagi, Sholat Tahajjud,
Dzikir, Baca Al-Qur’an,
Sholat Subuh, Pengajian
|
2
|
05.00-06.00
|
Pemberian Kosa Kata (Bahasa
Arab/Bahasa Inggris)
|
3
|
06.00-07.30
|
Mandi, Sarapan, Sholat Dhuha, Berdo’a
|
4
|
07.30-12.30
|
Belajar Formal (Masuk Sekolah)
|
5
|
12.30-13.00
|
Sholat Zuhur, Makan Siang
|
6
|
13.00-15.00
|
Belajar kepondokan
|
7
|
15.00-16.00
|
Sholat Ashar, Membaca Al-Qur’an
|
8
|
16.00-17.30
|
Istirahat, Olah Raga, Kursus
Ekstrakulikuler, Les
|
9
|
17.30-19.30
|
Mandi, Sholat Magrib, Baca Al-Qur’an
|
10
|
19.30-20.00
|
Sholat Isya
|
11
|
20.00-20.30
|
Makan Malam
|
12
|
20.30-22.30
|
Belajar Malam
|
13
|
22.30-04.00
|
Tidur/Istirahat
|
2.
JADWAL MINGGUAN
NO
|
Waktu/Hari
|
Kegiatan
|
1
|
Ahad Pagi
|
Pengajian Majlis Ta’lim
|
2
|
Selasa Pagi
|
Muhadasah/Conversation, Senam pagi
|
3
|
Malam Jum’at
|
Membaca Yasin dan Barzanji
|
4
|
Malam Sabtu
|
Latihan Berpidato
(Muhadarah/Specch)
|
5
|
Sabtu Pagi
|
Muhadatsah/Conversation, Lari pagi
(setor hafalan)
|
6
|
Sabtu Siang
|
Latihan Pramuka
|
7
|
Senin & Kamis
|
Puasa Sunnah
|
8
|
Kamis & Jum‟at
|
Ekstrakulikuler (Sepak Bola, Seni
Bela Diri, dll)
|
9
|
Malam Ahad
|
Yasinan, Hizibban, Do‟a Bersama, dan Nonton Bareng
(Movie)
|
F.
Daftar Santri dan Kebutuhan Bulanan
(Terlampir 3.)
Lampiran 1.
SUSUNAN PENGURUS
PONDOK PESANTREN JABAL HIKMAH MEKARSARI
DEWAN
PENGASUH
Kepala Pengasuh
Santri/I selaku Pimpinan Pondok
Ust. Mashar, S.Pd.
Ust. M. Asgar Efendi, QH., S.Pd.I.
Ust. Imam Syahputra Yamin
Sekretaris Pondok
Ust. M. Ramli,
S.Pd.
Bendahara Pondok
Ustz. Juniarti
Hartini
LEMBAGA-LEMBAGA
Lembaga Pengajaran Pondok Pesantren, yang
disebut dengan Tarbiyatu-l-Mu’alimin Wal
Mu’alimat Al Islamyyah (TMI).
Ust.
Mashar, S.Pd.
Ust.
M. Asgar Efendi, QH., S.Pd.I.
Ust.
Imam Syahputra Yamin
Ust.
M. Ramli, S.Pd.
Ust.
Mujahidin, S.P.
Ust.
Nurdin, QH., S.Pd.
Ust.
Zainuddin
Ust.
Heri Agus Irawan, QH.
Ust.
LL. Sukarman, QH.
Ust.
Samsul Hadi
Ust.
Zainul Muhlis
Ust.
Nur Ikhsan
Ustz.
Juniarti Hartini
Ustz.
Febriani Ramdani
Ustz.
Ernawati
Ustz.
Supriani Astuti
Ustz.
Suryani, S.Sos.I.
Ustz.
Indrayani
Ustz.
Nurhidayati
Ustz.
Husniatun
Lembaga Pengasuhan Santri Jabal Hikmah
(LPSJH).
Ust.
Mashar, S.Pd.
Ust.
M. Asgar Efendi, QH., S.Pd.I.
Ust.
Imam Syahputra Yamin
Ust.
M. Ramli, S.Pd.
Ust.
Heri Agus Irawan, QH.
Ust.
LL. Sukarman, QH.
Ust.
Samsul Hadi
Ust.
M. Nur Ikhsan
Ust.
Zainul Muhlis
Ust.
Zainuddin
Ustz.
Supriani Astuti
Ustz.
Ernawati
Ustz.
Febriana Ramdani
Ustz.
Suriani, S.Sos.I.
Ustz.
Juniarti Hartini
Lembaga Pemeliharaan dan Perluasan Wakaf
Pondok Pesantren Jabal Hikmah (LPPWPPJH).
Ust.
Mujahidin, S.P.
Ust.
Susanto, S.E.
Ust.
Mashar, S.Pd.
Ust.
H. Andre Alfian, S.E.
Ust.
H. Usman Iwan Surambian, S.E.
Ust.
Taufan Dini Harmawan, S.T.
Ust.
Zainuddin
Ust.
Samsul Hadi
Ustz.
Indrayani
Ustz.
Nurhidayati
Ustz.
Juniarti Hartini
Ustz.
Husniaton
Lembaga Ikatan Silaturrahmi Keluarga Pondok
Pesantren Jabal Hikmah (LISKPPJH).
Ust.
Samsul Hadi
Ust.
Zainul Muhlis
Ust.
Zulkarnain
Ustz.
Ernawati
Terimakasi..
BalasHapus